1917, Film Perang Dramatis dengan Visual Memukau

0
Sumber: IMDB

Membuka tahun 2020 dengan menjadi pemenang Best Picture pada gelaran Golden Globes 2020 membuat film yang dinominasikan dengan perhargaan yang sama pada gelaran Academy Awards 2020 ini layak ditonton oleh para pencinta film di seluruh dunia.

Film besutan Sam Mendes ini bercerita tentang dua sahabat berpangkat kopral muda (perwira non-komisi terendah) yang ditugaskan mengirim pesan pembatalan serangan untuk menyelamatkan pasukan tentara Inggris yang akan dijebak oleh Jerman dengan latar belakang Perang Dunia I.

Sumber: IMDB

Naskah film ini ditulis sang sutradara berdasarkan pengalaman kakeknya yang merupakan veteran perang dunia. 

Akan muncul pertanyaan, apa yang membuat film ini memiliki rating yang sangat tinggi dari para kritikus film dan memiliki kans untuk menyabet perhargaan tertinggi di Oscar nanti? Jawabannya: One Long Shot.

Untuk para pemerhati film mungkin sudah terbiasa dengan one long shot pada film pemenang Oscar yang lain, salah duanya Birdman (2014) dan Revenant (2015).

Sang sutradara Skyfall (2012) dan Spectre (2015)ini berambisi menyajikan gambar dan adegan yang tanpa henti sepanjang dua jam film berjalan dan berhasil memukau penonton.

Baca Juga:  Captain Marvel, Sang Pelopor Avengers

Sepanjang film, penonton akan melihat adegan, percakapan, dan aksi yang heroik dalam satu frame yang seamless dan tidak putus.

Seluruh detil seperti lubang perang, mayat berserakan, dan sisa-sisa peluru, tertata sangat rapi dan mengerikan sehingga membuat cerita ini terasa riil dan penonton seakan terbawa di dalam petualangan dua tentara yang bersahabat ini.

Segalanya tertata dengan baik. Benar-benar persiapan yang sempurna karena tidak ada lokasi syuting yang digunakan untuk kedua kalinya.

Sumber: IMDB

Sinematografi yang ciamik oleh Roger Deakins yang notabene adalah sinematografer langganan Oscar, lebih menyempurnakan gambar demi gambar yang disajikan.

Anda akan terbawa pada suasana horor Perang Dunia I, beberapa jumpscare, dan petualangan yang sangat dramatis.

Para aktor muda yang dipercayakan menjadi pemeran utama dalam film ini adalah George MacKay (Captain FantasticPeter Parker) dan Dean-Charles Chapman (The KingGame of Thrones), yang berhasil menampilkan akting one long shot yang memukau.

Sumber: IMDB

Didukung oleh beberapa aktor senior seperti Benedict Cumberbatch (Imitation Game, Doctor Strange) dan Richard Madden (Game of Thrones, The Take) walau hanya sebagai pemeran  pendukung, tapi kehadiran karakter mereka sangat memorable, tepat waktu, dan mendapat porsi yang tidak berlebihan. Membuat film ini terasa sempurna.

Baca Juga:  Tujuh Film Keren yang Tayang di Bulan Februari 2020

Mungkin plot cerita yang simpel dan datar menjadi sedikit kelemahan film ini, tapi dalam hal casting, teknik sinematografi, naskah, set lokasi, dan scoring yang sempurna, berhasil menutupi sedikit kelemahan ini dan membuat film ini menjadi menjadi sangat dramatis penuh emosi dengan visual yang memukau.

1917 layak dinobatkan salah satu film terbaik di tahun ini, bahkan film perang terbaik yang pernah dibuat.

Skor pribadi: 9,5/10

Sumber: IMDB

IMDB: 8,6/10 || Rotten Tomatoes 89%

Goroho.ID adalah media literasi nirlaba yang berbasis di Manado, Sulawesi Utara, yang menyediakan platform untuk menulis. Kami menyajikan artikel yang ringan, menarik, dan informatif. Selengkapnya tentang kami bisa dibaca di sini

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.