Sulut United vs Persis Solo: Misi Tuan Rumah Bertahan di Liga 2

0

Kemenangan adalah harga mati bagi tim tuan rumah, Sulut United, yang saat ini bercokol di posisi kesepuluh klasemen wilayah timur.

Di putaran pertama, Persis Solo sukses menundukkan tim satu-satunya asal Sulawesi di Liga 2 2019 ini dengan skor 2-0.

Jika berhasil menang atas tim tamu, setidaknya akan memperbesar peluang Gorango Utara untuk bertahan di Liga 2. Sebaliknya, jika seri apalagi kalah, pintu degradasi akan semakin terbuka lebar.

Kesempatan bermain di kandang sendiri, Stadion Klabat Manado, harus dimanfaatkan sebaik mungkin oleh tim asuhan Ricky Nelson karena mayoritas poin yang terkumpul sejauh ini diperoleh dari laga kandang. Julukan sebagai tim jago kandang pun disematkan bagi Eksel Runtukahu dkk .

Total hanya dua poin yang berhasil dikumpulkan tim Sulawesi Utara dari laga tandang sejauh ini, yakni ketika menahan imbang tuan rumah Persatu Tuban (27/6) dan PSBS Biak (22/9).

Yang menarik, kedua tim sama-sama baru melakukan pergantian pelatih kepala. Di kubu tuan rumah, Ricky Nelson menggantikan Herry Kiswanto yang mundur dari jabatannya pada pertengahan bulan ini.

Sedangkan di kubu Laskar Samber Nyawa, Salahudin menggantikan Choirul Huda yang bergeser posisi menjadi asisten pelatih.

Sulut United

Sulut United yang baru saja babak belur dari empat partai tandang beruntun ke pulau Kalimantan dan Papua, memiliki kekurangan yang sangat menonjol dalam hal penyelesaian akhir. Hal ini diakui sendiri oleh sang pelatih dalam wawancara dengan kru media.

“Cetak satu gol saja cukup. 1-0 tidak masalah, yang penting kita bisa menang dan dapat tiga poin,” ucap Ricky Nelson, seperti dilansir dari Indosport, pada Kamis (26/9) sore.

Tentu hal ini akan menjadi tantangan besar bagi barisan penyerang tuan rumah di tengah tuntutan wajib menang di semua partai kandang yang tersisa.

Baca Juga:  Busari Buka Asa Sulut United Lolos ke Babak 8 Besar

Persis Solo

Performa Laskar Samber Nyawa pun setali tiga uang dengan calon lawannya. Hanya berhasil meraih empat poin dari enam laga terakhir, posisi di klasemen pun semakin melorot dan keluar dari empat besar.

Pergantian pelatih dari Choirul Huda ke Salahudin disinyalir sebagai bentuk ketidakpuasan manajemen atas pencapaian Nanang Asripin dkk.

Manajer Persis Solo, Langgeng Jatmiko, mengutarakan bahwa pergantian ini adalah upaya manajemen untuk memperkuat sektor pelatih demi keseriusan menembus Liga 1 musim depan, di mana Salahudin merupakan pelatih berlisensi A AFC, yang menjadi syarat pelatih tim Liga 1.

“Kami siap menjalani laga besok, semua pemain dalam kondisi yang baik, dan saya bersyukur di pertandingan kemarin dapat tiga poin dan itu jadi modal berharga bagi tim ini,” ungkap asisten pelatih, Choirul Huda, pada Jumat (27/9) pagi, seperti dilansir dari Detik Manado.

Head to Head

29 Juli 2019: Persis Solo 2-0 Sulut United

Lima Pertandingan Terakhir

  • Sulut United 3-1 Persatu Tuban
  • Mitra Kukar 1-0 Sulut United
  • Persiba 1-0 Sulut United
  • Martapura FC 1-0 Sulut United
  • PSBS 0-0 Sulut United
  • Persis 0-1 Persiba
  • Persik 1-0 Persis
  • Martapura FC 2-1 Persis
  • Persis 0-0 Madura FC
  • Persis 1-0 Persatu

Goroho.ID adalah media literasi nirlaba yang berbasis di Manado, Sulawesi Utara, yang menyediakan platform untuk menulis. Kami menyajikan artikel yang ringan, menarik, dan informatif. Selengkapnya tentang kami bisa dibaca di sini

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.