Semua yang Perlu Ngoni Tahu Tentang Manado Fiesta 2019

0

Akhirnya, hari yang ditunggu itu telah tiba.

Pada Sabtu, 27 Juli 2019, event tahunan Manado Fiesta sudah resmi dibuka. Acara pembukaan diawali dengan parade meriah bertema Fish and Coral (FISCO) dan dilanjutkan dengan acara seremonial di Taman Berkat (God Bless Park).

Pertunjukan kembang api di pantai Manado menegaskan bahwa festival yang paling dinanti masyarakat kota Tinutuan ini sudah dimulai.

Acara berjalan sukses. Warga tampak gembira. Terlihat jelas dari antusiasnya warga yang mengikuti jalannya acara sejak awal parade hingga ikut talipa-lipa mengikuti alunan lagu techno dari Bassgilano yang tampil sempurna di atas panggung.

Berikut adalah beberapa info ringan (trivia) tentang Manado Fiesta 2019 yang kami rangkum dari beberapa sumber:

Festival Manado Fiesta Ketiga

Manado Fiesta 2019 kali ini merupakan event yang ketiga, setelah Fiesta 2017 dan Fiesta 2018.

Festival Manado Fiesta 2017 yang berakhir dengan sukses dua tahun yang lalu, mendorong Walikota Manado G.S. Vicky Lumentut (GSVL) untuk menjadikan Festival ini sebagai event tahunan.

“Manado Fiesta akan digelar setiap tahun termasuk pengucapan syukur,” ungkapnya seperti dilansir dari Tribun Manado (11/09/2017) pada pidato penutupan Manado Fiesta 2017. 

“Manado Fiesta mendatang, kita akan melaksanakannya di darat, udara dan laut. Akan ada parade di Teluk Manado. Ini untuk lebih mengangkat potensi kita di laut dan wisata kemaritiman kita,” lanjutnya.

Manado Fiesta 2018 yang dilaksanakan dari 31 Agustus hingga 9 September 2018 juga berjalan sukses dan lebih meriah.

Berlangsung dari 27 Juli hingga 4 Agustus 2019

Manado Fiesta 2019 akan berlangsung selama 9 hari terhitung sejak 27 Juli hingga 4 Agustus 2019.

Dibandingkan dengan dua event sebelumnya, yakni Fiesta 2017 yang berlangsung dari 1-10 September dan Fiesta 2018 yang berlangsung dari 31 Agustus hingga 9 September, event tahun ini dilaksanakan lebih awal dan berdekatan dengan hari ulang tahun Kota Manado yang jatuh pada tanggal 14 Juli.

Baca Juga:  Senjakala di Manado

Tujuh Festival Utama

Masih sama seperti dua event serupa sebelumnya, tujuh festival utama masih akan tetap memeriahkan Manado Fiesta 2019, yakni: Fisco (Fishing and Coral), Flying, Food, Fashion, Funtastic, Fair, dan Faith. 

FISCO menjadi festival pembuka pada 27 Juli 2019. Event FISCO merupakan parade kendaraan hias serta seni dan budaya.

FLYING akan diisi dengan kompetisi paralayang (paragliding) dan paramotor. Berlangsung dari tanggal 1-3 Agustus 2019 dan berlokasi di Gunung Tumpa.

FOOD yang menjadi ajang festival kuliner akan berlangsung pada 30-31 Juli 2019 di Taman Berkat.

FUNTASTIC, ajang bermacam-macam lomba seperti Masamper dan Paduan Suara akan berlangsung pada 29-30 Juli 2019 di Taman Berkat dan Aula Pemkot.

FAIR merupakan kegiatan pameran yang meliputi Pameran Diving, Pariwisata, Perdagangan, dan Investasi. Kegiatan ini akan dilaksanakan dari tanggal 31 Juli – 3 Agustus di Manado Town Square (MANTOS).

FASHION akan berlangsung pada tanggal 1 dan 2 Agustus 2019 di Mantos. Festival ini akan diisi dengan tiga kegiatan menarik berikut:

  1. Fashion Show
  2. Lomba Busana Kaeng Manado
  3. Pemilihan Nyong dan Nona Manado Cilik

FAITH merupakan event penutup Manado Fiesta. Dilaksanakan pada 4 Agustus 2019 dalam bentuk pengucapan syukur kota Manado, di mana seluruh warga akan melakukan open house layaknya tradisi pengucapan syukur masyarakat Minahasa.

Lagu Tema Manado Fiesta 2019

Festival tahun ini terasa makin meriah berkat adanya lagu resmi Manado Fiesta yang ear-catchy beraliran hip-hop dan techno dengan tambahan alat musik kolintang.

KRI Dewaruci

Kapal Dewaruci turut memeriahkan Manado Fiesta 2019 dan sudah lepas jangkar di teluk Manado sejak 25 Juli 2019.

Kapal buatan Jerman ini dibawa langsung oleh Mayor Laut (P) Hastaria Dwi Prakoso, S.E, Komandan ke-38 KRI Dewaruci.

Dimeriahkan oleh Artis Ibu Kota

Penyanyi legendaris Iwan Fals akan turut memeriahkan Manado Fiesta pada acara puncak FAITH tanggal 4 Agustus 2019 yang akan berlangsung di Lapangan Sparta Tikala.

Baca Juga:  Hikayat Charles Hutagalung dan Lagu "Kenangan Natal di Dusun Kecil"

Bassgilano dan Chivas Band akan turut serta membuat warga Manado manari deng badisko.

Coreta Louise Kapoyos, Ketua Panitia Manado Fiesta 2019

Coreta Kapoyos adalah Ketua Umum Panitia Manado Fiesta 2019. Wanita kelahiran Manado, 13 Desember 1968 silam ini, sangat familiar dan sangat dikenal luas oleh warga Sulawesi Utara karena pernah menjadi penyiar berita TVRI sejak tahun 1988.

Pengalamannya dalam bidang event organizer acara bertaraf nasional diharapkan akan makin meningkatkan kualitas dan pamor Manado Fiesta 2019 ini.

Desainer Logo Manado Fiesta yang Ikonik

Marcell Wuisan adalah desainer logo Manado Fiesta yang ikonik itu. Lulusan Politeknik Negeri Batam ini bekerja sebagai Tenaga Harian Lepas (THL) berkualifikasi di Dinas Kominfo.

Galeri Foto Parade FISCO

Berikut adalah foto-foto selama parade FISCO yang disumbangkan oleh Patrice Sagay, founder dari Satu Tampa.

Marijo torang sukseskan penyelenggaraan Manado Fiesta 2019 dengan turut menjaga kebersihan, keamanan, dan kenyamanan kota Manado tercinta ini.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.