Liga 3 2019 Zona Sulawesi Utara Dimulai

0

Dikutip dari situs resmi PSSI, Liga 3 merupakan kasta ketiga liga di Indonesia dan bergulir sejak tahun 2014.

Liga 3 memiliki fase regional di provinsi masing-masing, yang dikelola oleh Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI dan akan berkompetisi lagi di Putaran Nasional untuk mencari yang terbaik. Liga 3 sebelumnya dikenal juga dengan nama Liga Nusantara.

PSSI memastikan kompetisi Liga 3 2019 akan dimulai pada bulan Juli. Yang berbeda pada musim ini, setiap klub hanya boleh mendaftarkan pemain berusia di bawah 22 tahun (sebelumnya 23 tahun).

Surat edaran pada kontestan Liga 3 dibuat PSSI melalui surat bernomor 1157/AGB/552/IV-2019 tertanggal 1 April 2019.

Surat ditandatangani Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria. Edaran ini merupakan hasil dari keputusan komite eksekutif PSSI nomor K-E03/PSSI/03/2019.

Format Liga 3 2019

Dikutip dari Kampiun.id, Format Liga 3 2019 terbagi atas putaran provinsi, putaran regional dan putaran nasional 32 besar.

Format putaran 32 besar terdiri dari 26 klub hasil kompetisi putaran provinsi dan putaran regional, serta enam klub hasil kompetisi pra putaran nasional.

Pra putaran nasional diisi 16 klub, yang terdiri dari enam klub degradasi Liga 2 2018 dan sepuluh klub Liga 3 putaran nasional 2018.

Setiap klub juga berhak mendaftarkan lima pemain senior. Dari lima pemain itu, hanya tiga pemain yang boleh masuk daftar susunan pemain

Setiap klub maksimal boleh mendaftarkan 30 pemain dan sepuluh ofisial. Pendaftaran pemain dilakukan melalui Sistem Informasi dan Administrasi PSSI (SIAP).

Untuk lisensi pelatih, putaran provinsi boleh menggunakan lisensi D PSSI, sementara putaran nasional minimal C PSSI.

Putaran provinsi dan pra putaran nasional akan digelar bulan Juli hingga Oktober. Lalu putaran regional digelar bulan November dan putaran nasional dihelat bulan Desember. Enam klub terbaik berhak promosi ke Liga 2 2020.

Baca Juga:  Sulawesi Utara, Mari Sambut Sulut United FC

Liga 3 2019 Zona Sulawesi Utara

Berdasarkan informasi yang dihimpun redaksi, Liga 3 2019 Zona Sulawesi Utara (Sulut) akan dibagi dalam tiga zona, yakni:

  1. Manado dan Tomohon
  2. Minahasa dan Kepulauan
  3. Bolaang Mongondow Raya (BMR) dan Minahasa Selatan (Minsel)

Zona Manado dan Tomohon akan dilaksanakan di Stadion Klabat Manado. Zona Minahasa dan Kepulauan akan dilaksanakan di Stadion Mandolokang Tagulandang. Sedangkan zona BMR dan Minsel akan dilaksanakan di Stadion Motobatu Poyowa Besar, Kotamobagu Selatan.

Sebanyak 21 klub akan turut berpartisipasi pada ajang Liga 3 2019 zona Sulut ini. Peserta tahun ini lebih banyak dibandingkan kompetisi tahun lalu yang hanya berjumlah 15 klub peserta. Kompetisi akan dimulai pada 1 September 2019.

Berikut adalah klub-klub peserta Liga 3 zona Sulut :

Zona Minahasa dan kepulauan (Stadion Mandolokang – Tagulandang)
1. Persitaro Sitaro 
2. Persbit Bitung
3. Persmin Minahasa
4. Persmitra Mitra
5. Tahuna FC
6. Bank Sulut FC
7. Bawata Nusa

Zona Manado dan Tomohon (Stadion Klabat – Manado)
1. Sulut FC
2. Persma 1960 Merdeka
3. Mandiri FC
4. PS Manado
5. PSKT Tomohon
6. Bina Taruna
7. Panzer Pegadaian
8. Manguni FC

Zona BMR dan Minsel (Stadion Motobatu Poyowa Besar – Kotamobagu Selatan)
1. Persikokot Kota Kotamobagu
2. Boltim FC
3. Persibom Bolaang Mongondow
4. Persminsel Minahasa Selatan
5. Bolsel FC
6. Persibolmut

Setiap zona akan terbagi dalam dua grup untuk melakukan putaran pertama dengan format setengah kompetisi. Selanjutnya, para juara dan runner-up tiap grup akan bertanding di putaran kedua (semifinal). Putaran ketiga adalah partai final.

Putaran provinsi zona Sulut akan mempertemukan wakil (juara) dari masing-masing zona. Tim juara di putaran provinsi akan mewakili provinsi ke putaran regional (Sulawesi).

Baca Juga:  Pengenalan Singkat Serie A Musim Kompetisi 2019/20

Untuk putaran regional, belum diketahui jumlah perwakilan regional Sulawesi yang akan berkompetisi di putaran nasional.

Yang menarik, Persma Manado 1960 yang sebelumnya dikabarkan tidak akan ikut berpartisipasi pada Liga 3 2019, akhirnya mendaftarkan diri di hari-hari terakhir menjelang kompetisi dimulai.

Juara Liga 3 2019 Zona Sulut selain akan mewakili provinsi ke putaran regional, juga akan mendapatkan Piala Pangdam Merdeka.

Persma Manado 1960 yang disponsori oleh TNI akan menggunakan nama Persma 1960 Merdeka.

Selamat bertanding!

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.