Kick-Off: Membangun Literasi Sulawesi Utara Bersama Goroho.ID

0

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca editorial pertama kami. Sejatinya, Goroho merupakan wadah bagi para pencinta baca tulis (selanjutnya kami menyebutnya literasi) di Sulawesi Utara.  Ada 3 hal penting yang ingin kami sampaikan sebagai perkenalan.

Pertama dan yang paling utama, kami menyajikan bacaan alternatif yang ringan, menarik, dan informatif. Selain itu, kami juga menyajikan berita ringan untuk tema tertentu seperti sepak bola, film, dan teknologi.

Kedua, tujuan utama kami adalah ingin bersenang-senang dan bergembira lewat tulisan, sambil berharap bisa berkontribusi bagi dunia literasi Sulawesi Utara melalui media digital.

Ketiga, menurut kami hal yang paling mendasar adalah menulis bukanlah sebuah keterampilan yang sulit untuk dipelajari. Sebaliknya, menulis adalah kegiatan yang sangat mudah dilakukan karena sudah kita latih dan pelajari semenjak duduk di bangku SD hingga sekarang.

Lihatlah media sosial Facebook yang setiap harinya dipenuhi tulisan-tulisan para warganet yang berbagi status, entah curahan hati, entah sekadar melantunkan kata. Atau cuitan-cuitan pendek di Twitter. Hal ini secara tegas membuktikan bahwa kita tidak bisa terlepas dari aktivitas yang bernama: menulis.

Karena itu, kami sangat terbuka jika Anda ingin menjadi penulis tetap (kontributor) di Goroho ataupun sekadar ingin menjadi penulis tamu.

Bagaimana cara memulai menulis?
Pertanyaan ini banyak diajukan di seminar pelatihan menulis, yang sepengetahuan kami sangat jarang dilaksanakan di daerah kita. Kegiatan menulis (serta pelatihannya) selama ini didominasi oleh, tentu saja, para jurnalis dan pengajar (guru dan dosen).

Sebagai awal, kita bisa memulai dengan menulis hal-hal yang kita sukai. Topik-topik seperti sepak bola, film, wisata, dan kuliner, bisa menjadi contoh. Seorang pencinta film-film Marvel pasti tidak akan kesulitan untuk menulis artikel berjudul “Plus Minus Kekuatan Captain Amerika ” atau seorang pencinta kuliner akan dengan mudahnya menulis tentang pengalamannya menikmati beragam makanan di suatu daerah yang baru dikunjunginya. Ya, menulis semudah itu!

Belajar dari Yogyakarta
Yogyakarta, yang disebut sebagai kota pendidikan, memiliki budaya literasi yang sudah sangat berkembang. Kita akan dengan mudahnya menemukan orang yang sedang menulis di laptop (sebagai pengganti kertas dan pulpen) di mana saja, baik di rumah kopi maupun alun-alun kota.

Toko-toko buku independen akan sangat mudah ditemui di sudut-sudut kota ini. Toko buku independen adalah toko buku bermodal kecil, biasanya berbasis komunitas, tidak seperti Gramedia atau Gunung Agung maupun Toga Mas. Toko buku ini biasanya didirikan oleh komunitas atau individu yang mencintai buku dan berusaha peduli dengan kelangsungan minat baca masyarakat. – sumber

Kegiatan bedah buku di kota ini sangat sering dilakukan (sekaligus mencerminkan kuantitas penulis di sana) dan bahkan beberapa di antaranya “hanya” dilakukan di rumah kopi.

Lebih lanjut tentang Goroho.ID
Kami merupakan kumpulan dari beberapa orang pencinta literasi yang berasal dari berbagai latar belakang pendidikan dan pekerjaan, yang kami sebut sebagai tim redaksi Goroho.

Walau tak satu pun dari kami yang memiliki riwayat pekerjaan di bidang keredaksian, namun kami akan terus belajar dan mengembangkan diri sehingga bisa menjalankan “media literasi” ini layaknya sebuah redaksi berita.

Kami memiliki seorang editor, desainer grafis, pengelola web (webmaster), dan beberapa orang penulis yang kece. Tidak buruk, kan?

Kami mempersilakan Anda untuk mengirimkan tulisan di Goroho dengan topik-topik yang sudah kami sediakan di menu situs web kami, di antaranya adalah sepak bola, film, anime, teknologi, kesehatan, seni, budaya, dll.

Topik tulisan bisa diperluas lagi selama sifatnya masih berada di koridor dan batas-batas yang wajar sesuai ketentuan konten kami dan tidak melanggar UU ITE.

Karena kami hanya ingin menyajikan tulisan-tulisan ringan, informatif, dan menarik, maka kami tidak menerima dan menayangkan tulisan yang bertautan dengan topik politik dan kriminalitas.

****

Tulisan ini menjadi penanda, bahwa kami, Goroho.ID, telah resmi rilis hari ini bertepatan dengan dimulainya ajang Piala Dunia 2018 di Rusia.  Untuk itu, sebagai pembuka, kami akan menyajikan berita dan artikel khusus Piala Dunia 2018 yang dapat diakses melalui menu Bola Kaki  > Piala Dunia 2018.

Mari membaca dan menulis bersama kami. Akan sangat menyenangkan jika nantinya kita mampu berkembang dan tumbuh bersama-sama memajukan dunia literasi di Sulawesi Utara.

Semoga Goroho.ID bisa menjadi media alternatif bagi para pembaca dan menjadi wadah yang tepat bagi para penulis (dan para calon penulis) untuk berbagi cerita, informasi, dan semangat.

Akhir kata, kegiatan tulis-menulis secara resmi telah kami mulai.

Manado, 15 Juni 2018
Salam Literasi,

Redaksi 

(Terima kasih kepada Qureta, Mojok, dan Kompasiana yang menjadi panduan dan inspirasi bagi redaksi pemula seperti kami)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.