Captain Marvel, Sang Pelopor Avengers

0
Captain Marvel Poster
Sumber gambar: lostbird.vn

Artikel ini mengandung bocoran (Spoiler Alert!!!). Yang paham dengan risikonya, silakan lanjutkan membaca.

“Carol Danvers menjadi salah satu pahlawan terkuat di alam semesta ketika Bumi terjebak dalam perang galaksi antara dua ras alien”

Teruntuk para penggemar Marvel Cinematic Universe (MCU), tentunya film yang satu ini wajib ditonton.

Yup, selain karena penasaran dengan after credit scene yang merupakan ciri khas dari MCU, keberadaan salah satu pahlawan super terkuat di alam semesta ini, memang sangat menarik perhatian.

Captain Marvel adalah kisah tentang seorang prajurit wanita bangsa Kree bernama Carol Danvers, yang diperankan oleh Brie Larson (Kong: Skull Island, Room), yang ditugaskan untuk berperang melawan bangsa Skrull.

Sumber gambar: IMDB

Selama masa latihannya, Vers (nama panggilan Carol di dunia Kree) selalu dihantui oleh potongan-potongan ingatan sebagai seorang pilot angkatan udara Amerika.

Pertemuan dengan Nick Fury (Samuel L. Jackson) mengantarkan Vers menemukan jati diri sebenarnya, yakni sebagai Carol Danvers.

Sumber gambar: IMDB

Secara keseluruhan, rasanya film yang berbujet $152 Juta ini, dikemas terlalu simpel dan terburu-buru. Satu-satunya adegan bad-ass yang berkesan bagi penulis hanyalah ketika Captain Marvel menyadari bahwa dia memiliki kemampuan untuk terbang tanpa bantuan alat apapun.

Ada satu pesan tersirat yang berhasil penulis serap ketika menikmati film ini, yakni perspektif keren tentang kesetaraan gender.

Plot yang dibuat maju-mundur (karena rekaan potongan ingatan dari Carol) menunjukan betapa kerasnya dia berjuang untuk membuktikan diri pada orang di sekelilingnya, termasuk Ayahnya sendiri yang menganggap bahwa wanita terlalu lemah untuk memiliki kemampuan mengisi posisi laki-laki pada masa itu.

Belum lagi beberapa dialog antara Carol dan Maria Rambeau (Lashana Lynch), yang memang mengarah pada kesetaraan gender.

Baca Juga:  Hellboy (2019), Reboot Segar yang Berdarah-darah
Sumber gambar: IMDB

Fakta bahwa Carol adalah seorang perempuan dan merupakan salah satu superhero terkuat di dunia juga membawa kesan feminist yang sangat dalam.

Berikut ini adalah beberapa fakta yang disajikan oleh MCU pada film ini :

1. Opening scene dari film ini adalah Tribute to Stan Lee (The universe has lost one of its best man).

MCU memiliki kebiasaan yang menjadi ciri khas yang sangat berkesan bagi para penggemarnya. Seperti opening scene yang biasanya menampilkan potret para Avengers.

Tapi khusus kali ini, mereka menyuguhkanTribute to Stan Lee (bapaknya para superhero Marvel) yang sukses membuat suasana menjadi melankolis seketika.

2. Carol Danvers adalah cikal bakal dari Avengers

Pertemuan dan pengalaman bersama dengan Captain Marvel, menginspirasi Fury untuk mengumpulkan para manusia yang memiliki kekuatan super dan membentuk suatu koalisi resmi yang dinamakan Avengers (adapun nama ini terinspirasi dari julukan Carol di skuat penerbangannya).

Sumber gambar: IMDB

Fakta bahwa Captain Marvel adalah auto backup yang dibutuhkan melawan Thanos tentu saja menjadikannya sebagai fondasi kokohnya para Avengers.

3. Yang terlihat baik belum tentu kawan, yang terlihat jahat belum tentu lawan

Bangsa Kree yang semula dikira baik ternyata adalah kaum penindas dengan kaum accuser-nya. Sebaliknya, bangsa Skrull yang dikira jahat ternyata adalah bangsa yang tertindas yang hanya menginginkan rumah dan kedamaian.

4. Asal kekuatan Carol Danvers

Kekuatan Carol berasal dari ledakan Psyche Megatron (senjata bangsa Kree yang sedang dikembangkan oleh Dr. Lawson/Mar-Vell (Anneth Benning) dengan tujuan menghentikan perang antar galaksi.

Baca Juga:  Annabelle Comes Home, Film Horor yang Menyenangkan
Sumber gambar: IMDB

Tubuhnya secara ajaib menyerap seluruh energi tersebut, yang tanpa dia sadari menjadikannya makhluk terkuat di dunia.

5. Sosok Villain

Yon-Rogg (Jude Law) yang menjadi sosok villain, sepertinya terlalu lemah untuk menjadi lawan Captain Marvel. Dan rasanya Jude kurang pas merepresentasikan karakter tersebut.

Sumber gambar: IMDB

6. Nick Fury dan Flerken

Terjawab sudah mengapa Fury hanya memiliki satu mata. Sama sekali bukan disebabkan oleh pertarungan.

Mata kiri Fury dicakar oleh alien berjenis Flerken yang wujudnya menyerupai kucing bumi. Flerken ini diberi nama Goose.

Sumber gambar: IMDB

Goose memiliki peran penting dalam misi menyelamatkan bumi. Tak menutup kemungkinan Goose masih akan muncul di seri MCU selanjutnya (because he has his spotlight already).

7. Seperti biasa, jangan langsung meninggalkan studio

Ada dua scene after credit, yang mungkin (prediksi) hanya mengarah pada satu film yang akan segera dirilis bulan April mendatang. Apa itu saudara-saudari?…. yup! Betul sekali.

Sumber gambar: Movieweb

8. Kesimpulan

Walaupun cerita film ini sangat jelas mendeskripsikan siapa Captain Marvel, tapi tetap saja sangat terasa bahwa film ini sengaja dirilis untuk menjadi jembatan pengantar untuk Avengers: Endgame.

Sumber gambar: IMDB

Rating

IMDB: 6,8/10 || Rotten Tomatoes 79%

  • Rating: PG-13
  • Genre: Aksi dan petualangan; Fiksi Ilmiah dan Fantasi
  • Sutradara: Anna Boden dan Ryan Fleck
  • Penulis: Anna Boden, Ryan Fleck, dan Geneva Robertson-Dworet
  • Tayang: 8 Maret 2019
  • Durasi: 128 menit
  • Studio: Marvel Studios

Goroho.ID adalah media literasi nirlaba yang berbasis di Manado, Sulawesi Utara, yang menyediakan platform untuk menulis. Kami menyajikan artikel yang ringan, menarik, dan informatif.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.