Busari Buka Asa Sulut United Lolos ke Babak 8 Besar

0

Sebelum sepak mula dilakukan pada Selasa (8/10) sore, Persik Kediri sudah dipastikan lolos ke babak 8 besar Liga 2 2019.

Sedangkan Sulut United, walaupun secara mengejutkan berhasil menang atas tuan rumah PSIM Yogyakarta pada pertandingan sebelumnya, masih belum aman dari bayang-bayang degradasi.

Jalannya Pertandingan di Babak Pertama

Tuan rumah langsung bermain menyerang dengan tempo cepat sejak wasit meniup peluit tanda dimulainya pertandingan.

Gorango Utara, yang kali ini bermain dengan mengandalkan Eksel Runtukahu sebagai penyerang tunggal, didampingi dua pemain sayap lincah, Ohorella dan Sandi Putra, cenderung bermain menunggu lawan di area permainan sendiri dan melakukan serangan balik cepat.

Di menit ke-19, bola rebound hasil tembakan Ohorella dari luar kotak penalti, berhasil dituntaskan oleh Busari lewat sontekan manis ke gawang tuan rumah yang dikawal oleh Syaiful Amar.

Tim asuhan Budihardjo Thalib berhasil menyamakan kedudukan berkat gol Bayu Otto di menit ke-44 memanfaatkan bola rebound hasil tendangan bebas Wimba Sutan yang ditepis oleh kiper tim tamu, Fery Bagus. Skor 1 – 1 bertahan hingga turun minum.

Jalannya Pertandingan di Babak Kedua

Di menit ke-52, memanfaatkan posisi kiper tim Macan Putih yang sudah keluar dari sarangnya untuk menepis bola tendangan bebas, Busari dengan cerdik melepaskan tembakan chip dari luar kotak penalti ke gawang yang kosong.

Tertinggal 1-2, Bayu Otto dan kolega menggempur pertahanan tim Gorango Utara, yang masih dipercayakan kepada duet Haris Hardiansyah dan Yudi Khoerudin.

Beberapa kali usaha Persik Kediri untuk mengejar ketertinggalan berhasil digagalkan oleh Fery Bagus yang bermain apik pada pertandingan ini, termasuk menggagalkan peluang emas Edo Febriansyah di menit-menit akhir.

Skor 1-2 untuk kemenangan Gorango Utara bertahan hingga wasit meniup peluit tanda berakhirnya pertandingan.

Baca Juga:  Menilik Peluang Sulut United Bertahan di Liga 2

Posisi di Klasemen

Berkat kemenangan ini, yang dibantu juga oleh kemenangan Madura FC atas tuan rumah Persiba Balikpapan di waktu yang hampir bersamaan, berhasil mendongkrak posisi tim asuhan Ricky Nelson ini ke posisi kelima klasemen sementara wilayah timur.

Madura FC sendiri dipastikan menjadi tim pertama dari wilayah timur yang terdegradasi ke Liga 3. Satu slot degradasi masih membayang-bayangi Persatu Tuban, PSBS Biak, Persis Solo, PSIM, dan Persiba.

Sumber: detikmanado

Dengan 26 poin yang berhasil diraih sejauh ini, peluang Sulut United untuk bertahan di Liga 2 semakin besar. Bahkan di luar dugaan berhasil membuka asa mereka untuk lolos ke babak 8 besar, yang sebelumnya hanya sebatas mimpi.

Goroho.ID adalah media literasi nirlaba yang berbasis di Manado, Sulawesi Utara, yang menyediakan platform untuk menulis. Kami menyajikan artikel yang ringan, menarik, dan informatif. Selengkapnya tentang kami bisa dibaca di sini

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.