Argentina vs Nigeria: Kemenangan Merupakan Keniscayaan bagi La Albiceleste

0
Argentina vs Nigeria
Sumber gambar: vaaju.com

Bukan Piala Dunia namanya jika Nigeria tidak bertemu dengan Argentina. Rusia 2018 menandai penampilan keenam Super Eagles di ajang empat tahunan ini dan mereka bersiap menghadapi  La Albiceleste yang merupakan pertemuan kelima mereka di turnamen ini.

Dengan Kroasia yang sudah lolos dari Grup D, Nigeria dan Argentina berada di ujung tanduk sekali lagi, kali ini di Stadion Saint Petersburg, dengan ambisi mencapai 16 besar.

Jelang bentrok, FIFA.com menelusuri arsip untuk melihat di pertemuan-pertemuan sebelumnya, dari pertemuan perdana mereka di AS 1994 ke pertemuan terakhir mereka di Brasil 2014.

Argentina 2-1 Nigeria, Amerika Serikat 1994, Stadion Foxboro, Boston
Bakat, gaya dan kekuatan, Nigeria menangkap imajinasi penggemar di seluruh dunia dengan gaya khas sepakbola mereka yang menarik ketika membuat debut Piala Dunia mereka di AS 1994.

Ketika mereka mencatat kemenangan 3-0 atas Bulgaria dalam pertandingan pembuka mereka, sementara Argentina mengalahkan Yunani, kemeriahan diharapkan terjadi saat kedua tim bertemu di Boston.

Samson Siasia berhasil membuat Super Eagles unggul, namun dwigol di babak pertama dari Claudio Caniggia berhasil menyegel kemenangan Albiceleste. Kedua negara berhasil melaju ke babak 16 besar.

Baca Juga:  Pratinjau: Kosta Rika vs Serbia

Argentina 1-0 Nigeria, Korea / Jepang 2002, Stadion Kashima, Ibaraki
Mereka mungkin tidak berjumpa di Prancis 1998, tetapi Argentina dan Nigeria bersua kembali di Korea / Jepang 2002, Piala Dunia pertama yang diadakan di Asia.

Pada pertandingan pembukaan Grup F, sundulan pada babak kedua dari Gabriel Batistuta menjadi pembeda. Itu adalah satu-satunya kemenangan La Albiceleste di turnamen, sementara Nigeria gagal mencatat kemenangan, dan kedua negara gagal maju ke babak selanjutnya.

Argentina 1-0 Nigeria, Afrika Selatan 2010, Stadion Ellis Park, Johannesburg
Diberkati dengan pemain sekaliber Carlos Tevez, Gonzalo Higuain, dan Lionel Messi,namun penentu kemenangan Argentina justru adalah bek mereka.

Gabriel Heinze memberi timnya awal yang sempurna dengan sundulan terbang, memberikan Nigeria kekalahan pada pertandingan Piala Dunia pertama mereka sejak 2002.

Dipimpin oleh pelatih kepala Diego Maradona, seorang veteran dari pertemuan Piala Dunia pertama mereka, La Albiceleste akhirnya mencapai babak perempat final, sementara Nigeria menuju ke rumah setelah babak penyisihan grup.

Nigeria 2-3 Argentina, Brasil 2014, Estadio Beira-Rio, Porto Alegre
Argentina meraih posisi teratas Grup F sementara Nigeria di posisi kedua pada pertemuan di Brasil 2014 yang mengesankan ini.

Baca Juga:  Argentina vs Kroasia: Bertahan atau Pulang, Messi?

Lionel Messi, pemenang Golden Ball Adidas di akhir turnamen, dan Ahmed Musa, mencetak dwigol untuk masing-masing timnya, dan pertandingan ditutup dengan gol Marcos Rojo untuk memastikan kemenangan wakil Amerika Selatan tersebut sekaligus mempertahankan rekor sempurna Argentina saat melawan Super Eagles di Piala Dunia, semuanya dengan selisih satu gol.

***

Akankah Argentina membuat lima kemenangan dari lima pertandingan melawan Nigeria pada hari Rabu (27/6/2018) nanti? Ataukah tim Super Eagles  akhirnya akan mengakhiri rekor buruk Piala Dunia mereka melawan La Albiceleste?

Sumber: fifa.com

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.